Loading...

Minggu, 13 Desember 2009

Pembajakan Kapal Maersk Alabama




MV Maersk Alabama (sebelumnya Alva Maersk) adalah sebuah kapal kontainer yang dimiliki oleh Amerika Serikat berbasis Maersk Line Limited dan dioperasikan oleh Waterman. Kapal Ini memiliki lambung biru terang dan warna beige Maersk superstruktur seperti semua kapal. Alva Maersk dibangun oleh China Shipbuilding Corporation, Keelung, Taiwan diluncurkan pada tahun 1998. Pada tahun 2004, berganti nama menjadi Maersk Alva Maersk Alabama dan berbendera . Dengan perusahaan induk yang bertempat di Norfolk, Virginia. Dia telah terlibat dalam dua insiden, dan tetap dalam layanan aktif Maersk Line Timur africa layanan. Rute rutinnya adalah dari Mombasa, Kenya untuk Shalalah, Djibouti, kembali ke Mombasa. Kapal ini membawa 17.000 metrik ton kargo yang dimana 5000 metrik ton bahan bantuan menuju Somalia, Uganda, Kenya. Didalam kapal ini terdapat sekitar 20 awak kapal warga negara Amerika Serikat.

Tempat Kejadian
Tempat terjadinya pembajakan kapal Maersk Alabama terletak diwilayah tenggara Teluk Aden.Tanda merah pada gambar tersebut menjelaskan daerah pembajakan dan rute pelayarannya.

Kronologi Kejadian
8 April 2009
Kapal Maersk Alabama berlayar pada perairan somalia pada tanggal 8 April 2009. Kapal tersebut memiliki kapten bernama Richard Philips. Pada tanggal 8 April 2009 kapal tersebut didatangi sebuah kapal kecil (boat) berpenumpang perompak. Para perompak menandai kedatangan mereka dengan suara tembakan, disaat para awak kapal Alabama sedang beristirahat. Para perompak menaiki kapal Alabama melalui haluan kapal dengan tali dan jangkar pengait, kemudian mereka menembakan senapannya ke udara. Kapten Richard Philips memerinthkan seluruh awak bersembunyi di dalam kabin. Selanjutnya kapten menyerahkan diri ke perompak dengan tujuan menjaga keselamatan awak kapal dan juga kapal Maersk Alabama. Kapten kapal Alabama beserta perompak menaiki sekoci untuk melarikan diri, pada saat itu juga awak kapal Alabama juga menyandera salah satu perompak. Sekoci tersebut berlayar menuju ke Samudera Hindia dan kemudian kehabisan BBM.
9 April 2009
Kapal Alabama mengirimkan sinyal dan diterima oleh angkatan laut AS, oleh angkatan laut AS mengirimkan kapal penghancur USS Bainbridge dan USS Halyburton untuk menyelamatkan kapal Maersk Alabama dari upaya pembajakan. Halikopter diterbangkan disekitar parairan terjadinya untuk menelusuri jejak sekoci yang dibawa oleh perompak. Setelah lokasi sekoci ditemukan maka USS Bainbridge dijadikan fasilitas negosiasi dibawah pengawasan FBI, namun upaya negosiasi antara FBI dengan perompak gagal, para perompak menginginkan uang tebusan sebesar $2.000.000 dan mengancam akan membunuh kapten Richard Philips apabila militer AS menyerang.
10 April 2009
Pada tanggal tersebut Richard Philips berkeinginan melarikan diri dari perompak, usaha pertama Philips berhasil, yaitu melompat dan berenang kira-kira sejauh 8,5 meter. Namun upaya senjatanya disekitar tubuh Philips.
11 April 2009
Kapal Maersk Alabama dengan awak sejumlah 19 orang tiba di Mombasa, tenggara Kenya.
12 April 2009
Kapal USS Bainbridge yang berlokasi sejauh 30,5 meter melihat Philips dalam keadaan terikat dan ditodong senjata oleh perompak. Dari kapal USS Bainbridge komandan memerintahkan untuk membebaskan Philips, terjadi baku tembak antara pasukan khusus U.S Special Force dan akhirnya penembak jitu U.S Special Force berhasil melumpuhkan 3 perompak, salah satu perompak menyerahkan diri. Kapten Richard Philips selamat tanpa terluka dan tidak ada unsur penyiksaan fisik. Kapten Philips kemudian dipindahkan ke kapal USS Boxer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar